Panjang Umur Berkat Jogging



Ghiboo.com - Melakukan jogging secara rutin bisa membantu Anda hidup lebih lama. Para peneliti dari Copenhagen City Heart Study menemukan bahwa jogging teratur menambah harapan hidup bagi wanita dan pria.

Peneliti menyarankan melakukan jogging selama satu sampai dua setengah jam per minggu, antara dua hingga tiga kali sesi jogging.


Temuan menarik ini datang dari data Copenhagen City Heart Study yang dimulai pada tahun 1976 dengan membandingkan 20.000 pria dan wanita non-pelari berusia 20-93 tahun dengan 1.116 pria dan 762 wanita yang rutin melakukan jogging.

Peneliti kemudian menanyakan intensitas dan berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk jogging setiap minggu.


Hasilnya menunjukkan bahwa adanya 10.158 kematian dari kelompok non-pelari dan 122 kematian di kelompok pelari. Hal ini menunjukkan bahwa risiko kematian pada kelompok pelari berkurang sebesar 44 persen.


Penelitian ini juga menunjukkan bahwa wanita yang rutin melakukan jogging dapat hidup 5,6 tahun lebih lama daripada wanita yang tidak melakukan jogging. Sedangkan, pria yang melakukan jogging 6,2 tahun umur lebih panjang dibandingkan pria non-pelari.


"Kita bisa mengatakan bahwa jogging dapat memperpanjang umur Anda, bahkan Anda tak perlu memaksakan diri untuk memperoleh manfaatnya," ungkap peneliti Peter Schnohr, ahli jantung dari Copenhagen City Heart Study kepada Huffingtonpost

0 komentar:

Posting Komentar